selamat datang

Rabu, 17 Agustus 2011


DRAKULA IN THE KOZ
            “ Prang! “ aku terkaget dari tidur ku, suara itu mengubah malam ini “tu kucing hebat bisa bikin aku bangun dimalam buta seperti ini” sepersekian detik pintu kamar ku diketuk oleh seseorang entah siapapun itu yang jelas tiba-tiba seluruh tubuh dingin, jari-jari kaki beku serasa berada dikutub utara. “ tok-tok-tok” suara itu ku dengar lagi rasa ragu menyelinap masuk dalam kalbu
 “ intan, ni mba nina buka pintu bentar dong”
Saaat ku dengar suara dari belik pintu ku merasa lega tnpa ragu pun aku membuka pintu kamar ku “ ada apa mba? Malem-malem banting piring, lagi da masalah nya mba?”
“siapa yang mbanting piring, baru aja mba mau tnya ngapain kamu buang piring yang ada di rak. Tu kan jadi pecah semua!”
“apa mba? Ekpresi kaget ku ngalahin rasa kantuk ku “ kirain aku tuh malah mba yang ngalakuin”
“ kan kamar kamu yang paling dekat dengan dapur, jadi kirain  kamu yang nglakuin! Udah sekarang nggak sah mbahas siapa yang nglakuin, kita beresin aja yuk de’ “ ajakan mba ku turuti dengan baik walau ku tahu dari nada suara ada rasa takut tapi ku tak berani tuk membicarakan
“mba, tuk malam ini mpe pagi nanti boleh nggak aku menemani mba nina tidur di kamare mba nina gitu”
“alah bilang aja takut tidur ndirian”
“kekekeke, bukanya gitu mba aku cuma penasaran aja siapa yang kuat mbanting rak ini mpe mua piring punya semua anak-anak pecah”
“alah paling kucing “ jawaban enteng dari mba nina ku bantah dengan sebuah argument “ mana mungkin kucing, jelas-jelas semua jendela pintu tertutup rapat. Tikus aja nggak bisa masuk!”
Serpihan piring yang sedari tadi di tangan mba nina langsung terpanting jatuh, aku tahu itu ekspresi kaget yang diyunjukannya
“kita beresin besok pagi ja! Malam ini mari kita lanjutkan tidur”
“setuju mba, tapi seperti permintaan aku diatas, aku nemenin mba nina dikamare nina nya, sapa tahu dengan aku nginep dikamar mba nina aku bisa dapat inspirasi siapa yang tega njatuhin rak, ayolah mba, bantu aku tuk dapat inspirasi”
“ ya ya ya, nggak usah banyak alesan malen ini kamu tak ijinin tidur kamar ku!”
“terima kasih mba nina cuntik buanget”. Dengan bantal dan guling ditangan kumelangkahkan kaki ku meninggalkan kamar ku
                                                            ****
“kalian semua tak merasakan apa yang tadi malam dan mba nina rasakan!” Teriakan ku membuat anak-anak kos yang baru mudik  jadi melongo bengong ngliat aku
“ intan ni kita baru lagi nyampe, jangan bikin ulah!”
“ ku nggak bikin ulah, ku tuh ngasih crita tentang kejadian tadi malem! Kalian enak-enakan tidur dirumah sedangkan aku disini merasakan sesuatu yang mengerikan”
“bukan cuma kamu ndri tpi bareng ma aku juga!” Protes dari mba nina tak trima karena namanya tak disebut oleh ku
“ya maksud ku, aku bareng ma mba nina mengalami kejadian nggak genap!”
“maksud mu ganjil?”
“ya gitulah kalian juga tahu sendiri, gini critane, jadi pada malam itu sebelum kejadian naas itu, aku tertidur lelap dikamar ku lalu tiba-tiba…………………….”
“duar………..”
“uauauauau…………..”
“kanapa mati lampu!”
“nggak ada ujan nggak ada angin kenapa mati lampu!”
“kalian ini, kaya anak kecil” mba nita yang sedari tadi dikamar datang dengan membawa seberkas cahaya
“ni mba cuma punya lilin satu, jadi ntar yang mo keluar tolong beli lilin”
“ ya mba” jawab kami serentak
“selalu begitu…………”
“wuakakakaka……”
“tolong jangan berisik mba mau lanjutin tidur” bantingan pinti mba nits membuat kami tak berani berkutik lagi
“ eh kalau sampai malem nggak ni lampu nggak nyala, tidur bareng yuk” aiaj ku pada penghuni kos
Mba nina yang langsung menyambar bilang “ aku nggak mau!”
Dengan tatapan memelas ku menatap dian dan lulu, maklum di kos ku ini hanya berpenghuni lima orang jadi yang bisa ku harapkan untuk mendapatkan tumpangan tidur hanya dian dan lulu
Tampang memelas ku akhirnya mendapat jawaban. Dengan sepakat akhirnya aku dian dan lulu akan tidur bareng tapi mengingat kamar kita yang nggak akan cukup untuk ditiduri tiga orang akhire diputuskan untuk tidur didepan tv.
 sambil menggotong-gotong kasur masing-masing akhirnya aku mendapatkan tempat untuk menutup mata sejenak tanpa aku harus merasa takut
                                                            *******
Jam didinding menunjukan pukul sebelas malem tapi entah kenapa aku yang dikenal rai bantal malah sama sekali nggak bisa memejam mata. Aku merasa sesuatu yang tak biasa karena ketakutan aku akhirnay aku nyalakan tv, sapa tahu dengan aku nyalain tv aku basa tidur walau hanya sejenak
Allahu akbar allah akbar suara kumndang azan membangunkan aku. Dengan menahan rasa kantuk aku mencoba buat bangun tidur. Ku tatap layar tv dan berniat untuk mematikan tapi yang ku lihat ternyata tv pun udah berwarana hitam tanpa gambar. Pikiran awal dalam otak terlintas jawaban pasti yang matiin lulu. Aku punya alasan kuat mnuduh lulu yang matiin karena lulu paling nggak bisa tidur dengan keadaan rame.
Untuk mebuat mata ku terbuka dengan normal maka aku segera bergegas menuju kamar mandi untuk membasuh muka sekalian wudlu dan untuk mepersegar otak.
Matahari pun mulai menunjukan senyum terbaiknya. Aku pun memberanikan untuk masuk kamar mandi dan membasuhkan air kesekujur tubuh ku. Suasana diluar kamar mandi mulai terdengar rebut. Sana sini berebut untuk duluan mandi maklum semua penghuni kos ku notabenya beraktifitas pagi-pagi. Dari arah pintu ku dengar diketuk
“cepet dong dah nggak bisa diempet nih”
“ yaaaaaaaaaaaaaaaaaa, bentar lagi mba, pake kamar mandi sebelah dulu mba”
“lagi dipake juga!”
“yayayaya, dengan amat terpaksa kupercepat langkah mandi ku” inilah kebiasaan tiap pagi yang harus selalu ku alami “ derita anak kos, tema yang cocok tuk hari ini, udah tidur depan tv dengan kedinginan eh sekarang lagi enak-enak mandi disuruh cepet-cepat”
“intan, cepet!ditunggu-tunggu malah ngobrol”
“yaaaaaaaaaaaaa!”
Setelah ku rasa cukup air yang membasahi ku, kini aku pun mengakiri ritual mandi tuk pagi hari ini. Dengan langkah cepat akupun masuk kamar untuk session berikutnya
Lima belas menit kurasa cukup untuk membereskan semua alat yang harus ku pakai untuk memperpede langkah ku menuju kampus. Ritual terakhir harus kulakukan sebelum meninggalkan kos yaitu sarapan. Seperti anak-anak kos yang lain aku pun makan ala kadarnya cukup menanak nasi dan lauk pun cukup untuk mengganjal perit ku. Kuawali topik pembicaraan dengan rasa penasaran ku
“eh si lulu ini. Kenapa tadi malam tv kamu matiin, kan lumayan biar nggak sepi tahu”
“enak aja nuduh! Bukan aku dian kali tuh”
Dian yang sedari tadi dikamar kaluar dengan rambut masih acak-acakan membantah semua tuduhan lulu
“lalu kalau bukan kalian, terus siapa?”
“jangan-jangan kamu lagi yang matiin ntan” mba nina yang baru kaluar kamar mandi pun tak mau kalah mengontari ku
“ya ampun mba, sepikun-pikunnya aku juga nggak bakal sepikun itu mba-mba”
“nggak mau bahas ah, mending aku langsung berangkat kuliah aja ah…………..dada semuanya……………met berfikir ya ”
Aku pun mengikuti langkah lulu untuk berangkat dan berusaha tak memikirkan apa yang sebenarnya terjadi karena seberusaha aku mencari rumus untuk memecahkannya tetap tak bisa tuk kupecahkan. Aku jadi ingin bertanya pada ahli elektro, sapa tahu mereka tahu sebab musebab kenapa hal itu terjadi, ntar deh ku mampir ke fakultas mesin. Fikir ku dalam hati
                                                ******
Kuliah ku telah berakhir mau nggak mau aku harus balik kekos nggak mungkin juga aku harus balik kerumah yang jarak tempuhnya pun hmpir beribu-ribu kilometer. Saat kaki sampai kelantai kos hati berasa aneh, ditambah lagi anak-anak kos juga belum pada balik
Aku masuki kamarku yang tepat berada diujung ruangan. Dari jendela ku lihat ibu kos sedang menjemur pakain. Tiba-tiba terlintas tanya, apa mungkin bu kos tahu jawaban atas semua pertanyaan yang ada diotak ku. Tapi keberanian untuk menyakan hal tersebut kuurungkan karena aku pun tak punya nyali yang besar untuk mencari jawaban tersebut.
“aku pulang” suara mba nina pun menbuyarkan semua pemikiran tersebut
“ih si mba, pulang-pulang malah bikin kegaduhan”
“hehe, ya map atu de, mba tu lagi seneng. Mba dah nemu jawaban tadi pagi”
“haa?” Tampang oon ku pun membuat mba nina memberikan penjelasan lebih lanjut
“tu lo de intan kenapa tv bisa mati sendiri”
“oooooh, padahal aku dah tanya orang paling pinter di kampus nggak tahu jawabane, lha mba tahu itu tanya ma sapa?
“gini lho de mas ku kan punya kelebihan, terus ku nanya ma dia,kata dia tu………………….”
Sebelum mba nina nyelesein penjelasan dari arah perkiran terdengar suara motor datang, aku yakin itu adalah dian.
“assamualaikum”
“waalaikum salam”
“eh dah pada pulang, kayae lagi pada ngobrol nih, asik bener ikutan dong”
“mang asik si tapi karena kamu pulang itulah pembicaraan itu terpotong dan akhirnya pembicaraan itupun jadi tidak menarik lagi”
“kuk gitu si ma aku?”
Waduh ku salah ucap, ku lupa si dian itu memiliki hati sekecil kutu jadi kalau harus ngobrol ma dian harus sangat-sangat berhati-hati
“ih si dian cantik, maksud ku itu kita seneng bangat kamu pulang cuma pas kamu buka pintu tadi bikin kaget, jadi bilang kaya gitu”
“kekekekeke” ejakan mba nina makin membuat ku makin mati gaya
“lagi pada ngobrilin pa an”
Lalu dengan cepat pun mba nina nyelesein kata yang tadi kepotong “ni lo dian, tadi mba kan katemu  mas kilin, terus kata mas kilin tuh kos kita ni memang ada sesuatu ne”
“sesuatu” kata ku dan dian berbarengan tapi dengan suara lirih maklum masih merasakan rasa takut yang begitu menyiksa sumpah deh kalau waktu itu aku belum banyar kos aku pasti kabur.
“kalian diem dulu, mba belum selesai nih”
“ya ya ya deh lanjutin, ni aku ma dian diem”
“kata mas kilin tuh, berawal dari penghentian pemberian makanan dari bu kos?”
“makanan?bu kos?”
“ya gitu deh, ternyata tuh dulu bu kos sering ngasih makanan”
“makanane tuh dibeli dimana, jangan-jangan sekarang nggak dikasih makanan karena bu kos dah bangkrut gara-gara kita-kita sering telat bayar kos!”
“kita?loe kali!”
“kekekeke, ya kan kirain semua kaya aku yang sering telat bayar kos”
“udah mba nggak usah ngurusin intan, intan nih lagi serius jangan bercanda dulu!”
“enggih dian, kulo mboten bade sanjang malih”
“terus kata mas kilin pa lagi?”
“kos ini masih diganggu sampai bu kos ngasih makan lagi, tapi kata mas kilin juga kalau terus-terusan dikasih makan terus jadi ketergantungan”
“jadi solusine gimana mba?”Kata dian nggak sabar dengarin petuah dari mas kilin yang dismpaikan melalui mba nina
“kita disuruh bilang ma bu kos sementara ini harus tetep ngasih makanan itu!”
“tunggu-tunggu mba sebenere dari tadi aku mau tanya, makanan yang dari tadi mba maksud itu apa?dan apa bentuknya?seperti tart tow tiwul?”
“tiwul? Eh ntan jangan ngeliatin kalau berasal dari desa deh, depan ne bagus tart eh di bandingin ma tiwul sekalian aja ketan dimasukin”
“terus makanan yang di maksud pa?”
“sajen”
“oh sajen, wah kaya drakula dong tapi bedanya tuh lo drakula ngamuk nggak dikasih darah tapi yang bikinan indonesia makane sajen yang nggak bikin kantong kering ”
“kekekekekeeke, ade-ade aja loe ntan,tapi bener jga ntan punya kita nggak perlu mguarin receh yang banyak,”
“lo gito nyok kita pergi kerumah bu kos” ajak aku kapada dian dan mba nina, untung jarak kos dan rumah bu kos tidak terlalu jauh, tapi sanyang setelah sampai pada tempat tersebut eh ternyata bu kos tidak berada dirumah, rumah bu kos tergembok. Kata tetangga bu kos pergi dah minggu lalu,
“wah mba jangan-jangan bu kos tu mau kabur”
“jangan ngawur deh ntan!”
Tanpa ketinggalan dian pun ikut nambahin kebingungan ku dan mba nina “terus kita harus gimana mba?”
“pa gini aja mba” kata ku mencoba memberi jalan keluar “gimana kalau kita bikini makanan itu sendiri”
“tapi intan kita nggak tahu tempat bu kos naruh nya”
“tapi sapa tahu penciumane bisa menuntun menuju makanan yang kita sajikan, drakula yang ada di amsterdam ja bisa mencium darah segar masa drakula indonesia kalah, betul nggak?”
“boleh deh, ntar malem kita laksanain rencana kita”
“kenapa nggak sekarang?”
“karena kita belum beli kembang terus yang bisa menjompa-jampi cam mas kilin”
*****
            malam yang sangat tidak aku harapkan pun tiba, aku, dian dan mba nina siap ngasih makanan. Cuma kita bertiga karena yang yang lain sibuk dengan kegiatan diluar kos. Kita berniat naruh tu makanan di pojok samping rumah bu kos tepat dibawah jendela kamar. Tapi tahu tuh kamar siapa. Saat kita menaruh diatas tanah tiba-tiba “ prang “ suara benda jatuh itu membuat kita ketakutan tapi untung diantara kita nggak ada yang latah jadi ketakutan masih bisa diatasi. Saat sang makanan telah sampai diatas tanah kami bertiga pun lari nggak karuan, tapi beruntungnya juga kita masih punya otak yang membimbing wat balik ke kos tidak lari keluar.
            “untung, bisa balik kekos” ujar mba nina denagn nafas yang masih tersenggal-senggal.
“bu kos balike kapan to? Kalau tiap malam kaya gini bisa-bisa aku bisa jadi pelari yang hebat”
“mana aku tahu, ya jadi pelari dengan kaki segebug maling”
“kekekekekekeke” kemi bertiga pun hanya bisa tertawa tanpa tahu tuh drakula bisa nemuin makanan itu atow nggak
Sampai sekarang kebiasan itu masih berlangsung, terkadang kalau lupa ngasih terjadi keributan, walau pun nggak sampai melukai penghini tapi……………….




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar